PELALAWAN, PANGKALAN KERINCI - Pengurus Cabang Special Olympics Indonesia (SOina) dan pengurus Cabang Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Kabupaten Pelalawan resmi dilantik oleh Ketua Pengurus Daerah PERWOSI Riau, Iwa Sirwani Bibra S.Sos. MM. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangku Diraja Pkl Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Selasa (9/5/2017) berjalan baik dan sukses.


Dalam acara pelantikan pengurus  dua periode 2015-2019 dan pelantikan PERWOSI Cabang Kab. Pelalawan untuk periode 2016-2020, dihadiri Bupati Kabupaten Pelalawan, HM.Harris, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, Supriyanto SP, Kepala Dinas Budparpira (Pariwisata) Pelalawan, Yuliandri S.Kom, Kepala Dinas Kopresai UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Pelalawan, Drs Zuerman Das.

Ketua Pengurus PC SOina Cabang Pelalawan yang sekaligus sebagai Ketua Cabang PERWOSI Cabang Kabupaten Pelalawan dalam kata sambutannya mengatakan, dengan kepercayaan yang diberikan kepada saya sebagai Ketua PC SOina dan Ketua PERWOSI sekaligus di Kabupaten Pelalawan sangat berterimakasih.

Namun kami sebagai pengurus berharap kepada Ketua Pengurus SOina Riau dan PERWOSI Riau untuk selalu memberikan kami masukan dalam hal menjalankan roda Organisasi SOina dan PERWOSI kedepannya.

Untuk itu, dengan dilantiknya kami sebagai Organisasi SOina dan PERWOSI Cabang Kabupaten Pelalawan, mengajak seluruh pengurus bekerja dan melaksanakan tugas-tugas kita sebagaimana yang dituangkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

"Saya mewakili seluruh pengurus SOina dan Pengurus PERWOSI menitikan harapan kepada Bupati Harris untuk turut mengingatkan kami jika dalam menjalankan Organisasi ini tidak sesuai yang semestinya," harapnya.

Lanjutnya Hj. Fatmalena yang juga merupakan Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan ini, meminta dukungan penuh Bupati Pelalawan, Harris untuk memperhatikan Organisasi PC SOina Pelalawan dan PERWOSI Cabang Pelalawan dalam hal mengembangkan SOina dan PERWOSI disetiap Iven kegiatan di Bidang Olahraga di Daerah Kabupaten Pelalawan secara teragenda.

Sementara kata sambutan Ketua Pengurus SOIna yang sekaligus Ketua PERWOSI Riau, Iwa Sirwani Bibra menerangkan, SOina dan PERWOSI memiliki fungsi yang berbeda yang antara lain SOIna merupakan organisasi yang menyelenggarakan kompetisi olahraga bagi anak-anak tunanetra atau yang berkeinginan khusus.

Diterangkannya, bahwa Special Olympics Indonesia atau SOIna adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tunagrahita di Indonesia. 

SOina mempunyai visi ‎memberikan kesempatan bagi warga Tunagrahita untuk menjadi orang yang berguna dan produktif serta dapat diterima dan dihargai sebagai bagian dari masyarakat melalui olahraga.

Sementara misinya menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga sepanjang tahun bagi warga Tunagrahita, memberikan kesempatan yang berkesinambungan untuk membentuk fisik yang sehat, menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan keluarganya, atlet Special Olympics lainnya dan masyarakat.

Program utama SOIna adalah pelatihan dan kompetisi olahraga sepanjang tahun. Ada 7 cabang olahraga yang dibina yaitu Atletik, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepak Bola, Bola Basket, Renang, dan Bocce. Kemudian, SOIna juga mengadakan kompetisi olahraga yang bertingkat mulai dari tingkat Kabupaten/Kota (PORCAB), Provinsi (PORDA), Wilayah (PORWIL), dan Tingkat Nasional (PORNAS). 

Untuk Perwosi, sambung Hj Iwa Sirwani Bibra yakni mengajak agar seluruh masyarakat terutama kaum wanita untuk mencintai dan melakukan olahraga secara rutin, pungkasnya.Sedangkan PERWOSI adalah organisasi yang membudidayakan kaum perempuan agar bisa mencintai olahraga sehingga tercipta hidup sehat maupun rumah tangga yang sehat.

Tak ketinggalan, Bupati Harris dalam sambutannya meminta terimakasih kepada seluruh hadirin yang telah meluangkan waktu nya dalam rangka penyelenggaraan pelantikan pengurus PC SOina dan Pengurus PERWOSI Cabang Kabupaten Pelalawan.

"Saya atas nama Bupati Pelalawan mengucapkan selamat kepada jajaran Pengurus PC SOIna yang baru dilantik dan jajaran Pengurus PERWOSI Cabang Kabupaten Pelalawan. Muda-mudahan SOIna dan PERWISI ini dapat memberikan dampak positif dalam mengejar target menuju Pelalawan Emas," singkat Bupati Harris.(wan05)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.