PELALAWAN, PANGKALAN KERINCI - Dihari terakhir, masa jabatan 2011-2016 bupati Pelalawan HM Harris mengambil sumpah 450 PNS di lingkungan Pemdakab Pelalawan. Pengambilan sumpah abdi negara ini, mulai dari golongan II, III dan IV diselenggarakan di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja, Kamis (6/4/16).

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Pelalawan
Pada kesempatan tersebut, bupati Pelalawan Harris,menegaskan aparatur pemerintah adalah pelayan masyarakat. Karena itu, diperlukan aparatur yang berakhlak baik, memiliki semangat kerja dan disiplin yang tinggi dalam kapasitasnya sebagai pelayan masyarakat.

Menurutnya, PNS sebagai abdi negara harus menjadikan sumpah sebagai pemacu motivasi dalam bekerja. "Karena itu, PNS yang tidak memiliki semangat kerja, disiplin yang tinggi dan beraklak buruk tak sesuai dengan fungsinya sebagai pelayan masyarakat," tegasnya.

"Karena itulah, pengucapan atau sumpah janji PNS ini adalah suatu kesanggupan guna mentaati keharusan atau untuk tidak melakukan larangan yang ditentukan," bebernya.

Selain itu, sambungnya, pengambilan sumpah bagi PNS ini disamping menjadi siklus kepegawaian juga bertujuan untuk memberikan dorongan moral dalam bekerja. Pasalnya, pengambilan sumpah PNS ini merupakan kewajiban bagi seorang PNS yang telah diatur dalam Undang-Undang.

"Dengan kata lain, sumpah yang dilaksanakan hari ini harus berkorelasi positif dengan kultur kerja pegawai. Jangan sampai pengambilan sumpah PNS ini hanya sebatas seremonila belaka," tandasnya.

Sumpah PNS ini, lanjutnya, tidak hanya sebatas komitmen para pegawai saja tapi memiliki tiga poin yang krusial. Point pertama bahwa pengambilan sumpah PNS ini bertujuan untuk menjaga martabat sehingga pegawai tidak melanggar hukum yang mencemarkan nama baik institusi maupun pemerintahan.

"Point kedua dengan pengambilan sumpah ini maka diharapkan para PNS dapat mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat dari kepentingan sendiri maupun golongan. Sementara point terakhir menyangkut janji untuk berlaku jujur, tertib, cermat dan bersemangat guna kepentingan negara," tandasnya.(wan04)

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.